Tips Sukses Belajar Secara Efektif

Setiap orang pasti pernah menjadi seorang siswa, walaupun hanya sampai ke jenjang SD maupun SMP. Hal yang sering menjadi momok bagi siswa adalah belajar. Secara umum, kita kurang begitu bisa menikmati belajar terus-menerus. Tetapi kita di tuntut untuk mendapatkan nilai yang cukup bahkan memuaskan.Untuk menyelesaikan permasalahan ini, kami akan berbagi mengenai tips sukses belajar secara efektif.

Tips Sukses Belajar Secara Efektif

Ada beberapa poin-poin penting yang perlu kita cermati dalam tips sukses belajar secara efektif, di antaranya :

1. Fokus dan konsentrasi

Banyak hal yang dapat merusak fokus dan konsentrasi belajar kita sehingga waktu belajar kita cenderung lama. Televisi, handphone,game, dan suasana gaduh merupakan beberapa hal yang sering mengganggu konsentrasi. Pada saat anda belajar, usahakan Anda menjauhkan diri dari hal-hal yang Anda rasa mengganggu konsentrasi dan fokus belajar Anda. Belajarlah sedikit demi sedikit untuk menahan dari hal-hal yang kurang bermanfaat pada saat belajar.

2. Dengarkan Penjelasan Pengajar

Jangan pernah untuk mengabaikan penjelasan dari pengajar Anda. Ketika Anda mendengar penjelasan dari guru Anda, isi materi apat lebih cepat Anda tangkap karena bahasa yang digunakan pengajar adalah bahasa komunikasi sehingga otak lebih mudah mencerna maksud dan tujuannya. Jadi Anda membaca buku hanya sebagai pelengkap materi yang mungkin belum disampaikan oleh pengajar dan sebagai penguat ingatan.

3. Catatan Intisari

Tips sukses belajar yang ketiga adalah mencatat intisari materi. Daya ingat manusia mempunyai keterbatasan, maka membuat catatan singkat mengenai isi materi itu sangat di anjurkan untuk memudahkan belajar Anda agar lebih efektif. Jika Anda kurang terbiasa untuk menulis, Anda dapat membuat footnote pada buku pelajaran mengenai istilah-istilah penting yang dijelaskan dari pengajar Anda.

4. Waktu yang tepat

Setiap orang mempunyai waktu yang tepat dan nyaman untuk belajar bagi diri mereka sendiri. Seperti saya lebih suka belajar pada waktu dini hari setelah tidur dan sholat malam karena pada saat itu suasana sangat sepi dan hening sehingga sangat nyaman untuk belajar.

5. Hindari SKS

Tips sukses belajar yang terakhir adalah menghindari SKS. Istilah SKS mungkin sudah begitu sering terdengar di telinga kita, bukan Sistem Kredit Semester tetapi Sistem kebut Semalam. Belajar semalam suntuk di malam ujian itu sangat tidak di anjurkan karena akan menguras habis fisik Anda dan akan kekurangan energi pada saat ujian.Selain itu, materi yang Anda pelajari akan cepat hilang setelah ujian berakhir. 

Alangkah baiknya jika 2 sampai 3 minggu sebelum ujian Anda sudah mempersiapkan diri untuk belajar materi yang akan di ujikan sehingga pada saat malam ujian Anda hanya perlu melakukan pendalaman materi saja.

Jika Anda melakukan 5 tips sukses belajar secara efektif di atas, maka Anda akan dapat mempraktekkan belajar dengan waktu yang relatif singkat. karena untuk sukses dalam pendidikan bukan rajin belajar, tetapi memahami pelajaran. Pada kesempatan lain kami akan berbagi lagi tips sukses belajar yang lebih bermanfaat sebagai pelengkap artikel ini.

Semoga tips sukses belajar secara efektif ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda merasa mendapat manfaat dari artikel ini, kami mohon untuk membagikan artikel ini kepada teman dan saudara Anda. Terima kasih.
0 Komentar untuk "Tips Sukses Belajar Secara Efektif"


Back To Top