Pengaruh Motivasi Kerja Dalam Menghadapi Stress Kerja

Pengaruh Motivasi Kerja Dalam Menghadapi Stress Kerja

Dalam zaman yag sangat kompetitif kita dipaksa untuk selalu berkompetisi dalam setiap kehidupan kita, bahkan dalam hal kerja. Jumlah lapangan kerja yang tidak sebanyak pencari kerja membuat perusahaan menerapkan standart yang cukup tinggi. Hal tersebut tentu menjadi tekanan dan mengakibatkan stress kerja.


Istirahat dan berlibur dapat dengan sejenak menghilangkan stress kerja. Namun untuk jangka panjang tentu tidak bisa selalu dilakukan. Dalam kondisi seperti ini tentunya motivasi kerja yang memiliki peranan penting dan menjadi obat bagi kejenuhan dan stress kerja. Dengan memiliki motivasi kerja yang tinggi, keadaan sesulit apapun dapat dengan mudah kita atasi.

Hal dasar yang mempengaruhi semangat dan perilaku seseorang adalah paradigma. Saat kita memiliki motivasi kerja yang tinggi maka paradigma kita akan masalah dan pekerjaan itu adalah hal yang mudah namun diatasi. Namun jika kita tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi kita akan berparadigma bahwa semua hal sangat sulit diselesaikan. Dan percayalah saat kondisi seperti ini sudah dapat dipastikan solusi macam apapun tidak akan bisa menyelesaikan masalah anda karena masalahnya adalah pada diri anda sendiri.

Saat anda dalam keadaan stress kerja lihat kembali apa motivasi kerja anda, bangun kembali semangat anda,, dan jangan lupa buat suasana kerja menjadi senyaman mungkin. Hanya semangat dan diri andalah yang bisa membuat anda keluar dari kondisi ini

Bagi anda yang saat ini berposisi sebagai pemimpin, ada baiknya anda mebangun motivasi karyawan agar segala pekerjaan di dalam perusahaan atau kantor yang anda pimpin bisa berjalan dengan baik dan lancar. Untuk tau cara membangun motivasi kerja karyawan, anda bisa membaca tips dari saya sebagai berikut

Membangun Motivasi Kerja Karyawan

Kesuksesan sebuah perusahaan tidak bisa lepas dari kerja keras karyawannya. Hal ini harus kita akui karena karyawan adalah penggerak motor utama perusahaan itu dapat berjalan. Iklim yang tidak sehat di sebuah perusahaan bisa mengakibatkan hilangnya motivasi kerja karyawan. Jika karyawan cinta dengan pekerjaannya maka motivasi kerja akan tumbuhsemakin tinggi dan produktifitas akan naik.

Demikian juga sebaliknya, karyawan yang bekerja tanpa kenyamanan dan kecintaan, tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi dan tentu saja produktifitasnya akan menurun. Namun kecintaan terhadap pekerjaan dan perusahaan tidak bisa dipaksakan. Kecintaan dan motivasi kerja karyawan dapat kita bangun dengan cara seperti berikut:

1. Memberikan Fasilitas yang Layak

Memberi fasilitas yang layak bukan berarti memberi fasilitas mewah yang berlebihan. Memberi fasilitas yang layak yaitu memberikan sarana-sarana sesuai dengan kebutuhan pekerjaan. Mungkin anda bisa menunda atau mengurangi fasilitas demi mendapatkan keuntungan yang tinggi namun kurangnya fasilitas kantor akan menghambat kerja karyawan dan jika lambat laun dibiarkan maka akan mengendorkan Motivasi kerja karyawan.

2. Lakukan sistem kompetisi sehat,  Kurangi melakukan taktik adu domba

Disadari atau tidak terkadang pimpinan secara sadar dan tidak sadar melakukan taktik adu domba terhadap sesama pegawainya. Awalnya semua ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat semangat dengan adanya persaingan, namun jika dilakukan dengan cara yang salah justru akan tercipta iklim kerja yang tidak sehat dan anda hanya akan mendapatkan pegawai yang pandai menjilat bukan yang pandai bekerja. Dengan iklim yang tidak sehat ini otomatis akan mengendurkan Motivasi kerja karyawan, dan percayalah ini bisa menghancurkan perusahaan anda.
Menggunakan sistem penilaian yang transparan dan fairplay akan lebih bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan.

3. Hargai Kontribusi Karyawan

Akuilah bahwa tidak semua atasan adalah seorang pemimpin, banyak kita tenui seorang atasan yang sanggup memerintah, memaksa tanpa mau tahu dan memberikan problem solving terhadap masalah dan kendala yang dihadapi bawahannya. Dan yang terburuk adalah setiap kesalahan pertanggung jawabannya akan diminta kepada bawahan, namun ketika ada kesuksesan dia yang pasang badan. Sudah dipastikan hal ini akan membuat motivasi kerja karyawan anda terjun bebas.
Dengan menghargai kerja dan kesuksesan karyawan dengan reward atau setidaknya pengakuan, bisa membuat karyawan lebih termotivasi dalam bekerja.

4. Menciptakan suasana kerja yang bersahabat dan memiliki impian bersama.

Suasana kerja yang bersahabat dan menyenangkan akan membuat karyawan merasa nyaman, tentu saja hal ini akan membuat semangat kerja semakin bertambah. Ditambah lagi dengan adanya impian kesuksesan bersama, membuat mereka tidak merasa bekerja sendiri namun seolah-olah teman seperjuangan.
0 Komentar untuk "Pengaruh Motivasi Kerja Dalam Menghadapi Stress Kerja"


Back To Top