Cara Mengenali Potensi Diri

Setiap manusia diciptakan mempunyai potensi diri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tuhan menciptakan berbagai potensi berbeda agar saling melengkapi satu sama lain. Selain itu, kunci sukses seseorang tergantung dengan potensi yang ada pada dirinya sendiri. Ada banyak cara mengenali potensi diri yang ada pada kita. Jika Anda belum mengetahuinya, saya akan mencoba membahas beberapa diantaranya ada artikel kali ini.


Cara Mengenali Potensi Diri

Berikut ini beberapa cara mengenali potensi diri kita diantaranya :

1. Dengarkan kata mereka

Mereka adalah orang tua, saudara, sahabat, guru, teman, dan siapapun. Orang lain lebih mudah menilai diri kita karena mereka merupakan orang-orang yang berinteraksi secara langsung dengan kita. Pepatah mengatakan “Semut ditengah lautan tampak, gajah dipelupuk mata tak tampak”. Pepatah tersebut membenarkan bahwa seseorang lebih mudah menilai orang lain.

2. Kenali kegiatan yang menarik

Ketika melakukan kegiatan tersebut, kita begitu menikmatinya dengan senang hati tanpa ada paksaan. Apakah Anda pernah berpikir bahwa orang sukses Adalah orang yang menjadikan hobinya sebagai profesinya. Pemain sepakbola misalnya, bermain sepakbola merupakan hobinya sehingga setelah gantung sepatu mereka masih menyempatkan diri untuk bermain bola. Bagaimana dengan profesi Anda?

3. Kenali yang mudah Anda pelajari

Kemampuan seseorang berbeda dalam hal memahami sesuatu yang baru. Sesuatu yang terasa mudah Anda lakukan, sedangkan bagi orang lain sangat sulit. Seorang ahli matematika pun akan kesulitan mengerjakan soal kimia karena memang itu bukan bidangnya. Jika Anda telah menemukan sesuatu yang mudah dipelajari, maka fokuslah hingga menjadi seorang Ahli.

4. Jatuh cinta

Jatuh cinta membuat kita lupa segalanya, lupa makan, minum, sampai tidur. Di antara 10 pasti ada beberapa kegiatan yang Anda begitu jatuh cinta kepadanya. Kegiatan yang membuat Anda penasaran. Anda merasa waktu 24 jam itu sangat kurang jika telah melakukan kegiatan tersebut.

Itulah beberapa cara mengenali potensi diri yang tersembunyi dalam tubuh kita. Belum terlambat untuk memahami kemampuan Anda yang sebenarnya. Sebenarnya hanya diri kita sendirilah yang mampu memahami potensi yang ada dalam diri kita.
0 Komentar untuk "Cara Mengenali Potensi Diri"


Back To Top